Friday, May 19, 2017

Generasi muda khususnya yang berada dan menikmati kecanggian teknologi dan internet pada Abad 20 tidak asing dengan namanya platform internet baik google dan sosial media lainya khususnya youtube.
youtube sendiri merupakan sebuah situs penyiaran dalam bentuk video atau streaming,sama halnya dengan televisi namun bedanya jika televisi hanya bisa di akses di satu negara atau negara tertentu sedangkan youtube selama anda memiliki gadget  yang mampu terhubung dengan internet dan dapat mengakses situs youtube,maka youtube  bisa di akses dari seluruh dunia kecuali negara-negara tertentu yang memang memiliki kebjakan melarang atau memblokir youtube karena alasan tertentu ,baik alasan politik maupun budaya.
Di bawah ini adalah negara-negara yang memiliki kebijakan memblokir situs youtube:

1-Tajakistan

Tajakistan pertama kali memblokir situs youtube pada 27 juli  hingga 15 october 2012 silam,hal ini di karenakan banyak pemrotesan tentang kekerasan di daerah tersebut yang kemudian di upload ke youtube.
youtube juga kembali  di blokir di negara tersebut untuk kedua kalinya pada 23 mei - 20 agustus 2013 ketika rekaman presiden tajakistan yang sedang berdansa di sebuah acara pernikahan tersebar luas di youtube.
Namun semenjak 25 agustus 2014 hingga saat ini pemerintah memblokir youtube karena alasan keamanan negara.maka hingga sampai saat ini masyarakat atau penduduk tajakistan tidak dapat mengaskes situs youtube.


2-Pakistan

Pakistan pertama kali memblokir situs youtube di karenakan kemunculan film The Innocence of muslim,Alasan nya adalah karena film tersebut menghina Nabi Muhammad SAW,bahkan film itu juga banyak di tentang dan memakan korban di negara-negara timur tengah lainya. dan bagi pemerintah pakistan masalah Agama atau SARA sangat sensitive bagi masyarakat pakistan.

3-China

China adalah negara komunis yang sejak berdirinya mengasingkan diri dari luar,namun semenjak kematian pendiri negara tersebut ,china berlahan-lahan terbuka dalam bidang economy,bahkan negara komunis ini sudah berubah menjadi sebuah negara berekonomi kapitalis,yang berbeda dari awal pendirianya,namun untuk urusan politik mereka tetap menggunakan sistem komunis,bahkan untuk membendung pengaruh dari luar khususnya barat,china melarang semua produk google termasuk youtube dan situs media sosial lainya beroperasi di china,kecuali di daerah perdagangan bebas di shanghai  zone gerakan ini sering di sebut 'the greatfire wall of china".


4-Iran

Negara yang terkenal dengan Anti baratya ini pertama kali memblokir situs jejaring sosial seperti facebook,tweter dan youtube pada 2009 setelah terjadinya  pemilihan umum yang dianggap kontroversial.
Alasan pemerintah iran tersebut adalah karena pemerintah iran tidak ingin barat mempengaruhi opini masyarakat negara tersebut.

5-Sudan

Sudan pertama kali memblokir google dan jejaring sosial lainya ketika pemilihan umum 2009 dimana tersebar panitia pemilihan umum memberi tambahan suara palsu.
dan pada 2013 youtube di blokir karena tidak segera menghapus trailer film The Innocence of muslim,bahkan setelah trailer tersebut di hapus youtube masih di blokir di negara tersebut.

6-Eriteria

Negara yang sebenarnya hanya memiliki 0.8%  pengguna internet di karenakan terbatasnya layanan internet itu namun pemerintah negara tersebut memberikan kebijakan bahwa setiap pengguna jasa layanan internet harus melalui infrastruktur yang di kontrol oleh pemerintah,tidak sedikit situs2 dari orang buangan eriteria di hapus oleh pemerintah eriteria,bahkan kabarnya setiap email penduduk eriteria di monitor oleh pemerintah tersebut.
10 negara yang memblokir youtube

7-Libya

Pada 2010 pemerintah libya memblokir youtube karena sering di gunakan menyebarkan video anti pemerintah,bahkan bocornya video keluarga mantan Presiden Muammar ghadafi yang sedang berpesta semakin menguatkan kebijakan pemerintah libya untuk memblokir youtube,namun setelah presiden ghadafi tumbang,libya kembali membolehkan penduduknya mengakses youtube.

8-Armenia

Banyak penduduk armenia yang menentang hasil pemilhan umum pada 2008,pemerintah armenia menyatakan keadaan darurat.dalam keadaan darurat maka tidak ada penyiaran yang di perbolehkan kecuali penyiaran resmi,youtube resmi di blokir pada 2 March 2008.


9-Turkey

Turkey termasuk salah satu negara yang memblokir youtube,namun tidak lama setelah pemblokiran turkey akan mencabut pemblokiran sebelum memblokir kembali,turkey tercatat sudah 5 kali melakukan pemblokiran dan pencabutan pemblokiran yaitu pada tahun 2007, 2008, 2014 dan 2015.
hingga sampai saat ini pemerintah turkey masih bingung apakah youtube berbahaya tau tidak.


10-Korea Utara

Negara komunis yang mengisolasikan diri dari dunia luar ini Hanya memperbolehkan warganya mengakses internet lokal yang dinamai kwangmyong.
kwangmyong sendiri hanya memiliki 1000 situs bahkan youtube tidak termasuk di dalamnya,
bahkan sangat sedikit warga korea yang bisa mengakses internet hanya sebagian elit-elit tertentu yang dapat mengakses internet.

Source:https://www.youtube.com/watch?v=v8-s_4wmzWU

Comments 0