Thursday, October 1, 2015

Menoleh kembali tentang G30S dan kesalahan fatal yang di lakukan elite2 PKI pada waktu itu adalah terlalu percaya diri, hingga merasa apa yang mereka lakukan akan di dukung oleh seluruh masyarakat indonesia..
sedangkan kaum militer atau kaum nasionalis indonesia pada waktu itu seperti di dalam mimpi buruk,setelah mereka melihat bagaimana tentara rakyat atau tentara merah di china yang di pimpin mao zedong yang berhaluan komunis bisa memenangkan peperangan saudara atas kaum militar,dan memaksa kaum militar nasionalis lari ke taiwan.
dari titik inilah kaum militar indonesia terutama Jendral Ahmad yani menolak keras ketika PKI meminta rakyat dan buruh di persenjatai dalam rangka konfrontasi dengan malaya.

walau kedua kubu antara komunis dan nasionalis ini mengaku sama sama masih setia dengan bung karno namun hal ini semakin memperkeruh keadaan ketika tjakrabirawa atau pasukan elit pengaman presiden yang terkenal loyal dengan ir.soekarno mendapat kabar angin,inti dari kabar angin itu adalah"bahwa para jendral atau yang sering di sebut dewan jendral akan melakukan kudeta kepada presiden soekarno"
belakangan  di ketahui bahwa otak dari GS30 adala sjam, sjam adalah biro kusus PKI di bawah komando DN.aidit yang beroprasi sebaagai perekrut sukarelawan atau simpatisan PKI.
dan sjam inilah yang memberi komando kepada letkol untung untuk menculik para jendral.

Tanpa sepengetahuan presiden soekarno dan semua petinggi PKI.
soekarno dan mao
pasukan tjakrabirawa yang di pimpin letkol untung menculik dan membunuh jendral jendral yang di anggap ingin melakukan kudeta"

dan peristiwa ini terjadi dan sering di sebut G30SPKI versi militar atau GESTOk(gerakan satu oktober) versi bung karno.

gerakan ini adalah cikal bakal sejarah suram negara indonesia di mana kaum militar menganggap PKI adalah otak dari G30S.

PKI dan simpatisannya di habisi hingga akar akarnya oleh RPKAD (kopassus) yang di pimpin letnan sarwo edhi.

militar juga memanfaatkan kebencian antara kaum agamis pada PKI dimana sebelumnya diantara kedua dua belah pihak saling terjadi   konflik PKI dan kaum agamis.

dan yang terjadi adalah NASIONALIS DAN AGAMIS VS KOMUNIS.

hampir 1 juta orang yang di anggap PKI dan simpatisan PKI di bantai.
bahkan hukum tidak berlaku pada waktu itu karena Militer merestui itu.

konsep NASAKOM yang diperkenalkan bung karno yang tujuannya ingin menyatukan antara NASIONALIS,AGAMIS dan KOMUNIS teryata gagal dan memaksa bung karno jatuh dari tumpuk kekuasaanya dan PKI di nyatakan partai terlarang di indonesia.

DALAM PERANG DINGIN UNI SOVIET vs AMERIKA DI ASIA

Komunis berhasil menang di china,dan vietnam tetapi Gagal di indonesia.

dan setelah peristiwa itu indonesia yang dulunya pada massa soekarno dekat dengan block timur (uni soviet)tetapi pada pemerintahan presiden soeharto menjadi lebih dekat dengan block barat (amerika).


semoga kejadian seperti tidak akan terulang kembali di massa depan.

lets be better.

Comments 0