Rakyat indonesia wajib mengikuti latihan militer bela negara.

Jinjhu.net-pemerintah indonesia melalui kementerian pertahanan akan membentuk sebuah program bela negara.
dimana di targetkan ada 100 juta penduduk indonesia  yang akan mengikuti latihan ini.
"Dalam pertahanan negara,faktor jumlah penduduk potensial untuk pembelaan negara masih menjadi salah satu perhitungan utama.indonesia yang mempunyai populasi 250 juta memiliki 100 juta penduduk yang potensial untuk melibatkan dalam pembelaan negara" ucap Menteri Pertahanan Jendral (purn) Ryamizard Ryacudu,senin (12/10).

untuk saat ini pemerintah baru menyelenggarakan pembinaan kader yang nantinya akan menjadi pembina dalam pelatihan bela negara.
ada 4.500 kader Pembina Bela Negara di 45 Kabupaten/kota di seluruh indonesia,dan pembentukan kader pembina ini akan di buka serentak pada senin (19/10) pekan depan.
image by belanegarari.com

Dalam program ini menteri pertahanan mengatakan,para masyarakat sipil yang akan mengikuti pelatihan bela negara akan di latih secara satu bulan.usai mendapat latihan,mereka akan mendapatkan  sebuah kartu bela negara.

untuk program bela negara ini menurut mantan Kepala Staff Angkatan Darat akan di mulai pada tahun 2016 dan berkelanjutan hingga 2025.

"kami mengajak komponen bangsa untuk berperan aktif mengikuti pembentukan kader negara.kader yang di bentuk untuk mewujudkan indonesia yang kuat di tengah kompleksitas berbagai bentuk ancaman nyata.
Bela negara bukan wajib militer namun sebagai perwujudan Hak dan kewajiban negara yang perlu di siapkan," ujar dia.

"dan maksimal yang boleh mengikuti yaitu di bawah 50 tahun" tambahnya.

Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Pertahanan,Mayjen Hartind Asrin menambahkan,materi  Bela negara nantinya meliputi,pemahaman empat pilar negara,sistem pertahanan semesta dan pengenalan alutsista TNI.juga di tambah lima cinta tanah air,sadar bangsa,rela berkorban,dan pancasila sebagai dasar negara.

dan untuk pelatihan fisik kata beliau tidak terlalu di bebankan."fisik cuma baris berbaris saja.cuma rohaninua yang di isi dengan jiwa nasionalisme".tutupnya
Share this with short URL Get Short URLloading short url

Related posts

THE BEST ARTICLES


EmoticonEmoticon