The Story of My Second Life

Dunia Maya, yang karib disebut Dumay. Tahu apa itu Dunia Maya?
Yak, Dunia Maya adalah dunia yang tak nyata. Seperti Facebook, Twitter, Line, BBM, Kakao, Wechat dan sebagainya. Entah sejak kapan Aku mulai menyukai dunia yang tak nyata itu, dunia yang samar dan tak tahu dimana keberadaan sebenarnya.

Di akhir tahun 2012, Aku bertemu sebuah aplikasi kotak berwarna hijau, umumnya disebut LINE. Dimana saat itu banyak aplikasi-aplikasi Android lainnya yang baru-baru launching, diantaranya Line, Kakao, Wechat. Karena saking banyaknya, sampai-sampai Aku bingung memakai yang mana dan chatting sama siapa, secara akunnya masih baru saat itu. Sempat tersirat dipikiranku untuk menghapus mereka semua dari telepon genggamku, tapi semua itu digusur oleh pikiran untuk mencoba share ID di sosial media milikku yaitu Facebook dan Twitter. Aku menunggu hingga seminggu lebih, akhirnya mulailah bermunculan satu dua orang yang invite. Walau begitu, aku masih merasa tidak puas. Aku coba lagi mencari Akun Official Line di facebook, dan berhasil. Aku mendapatkan teman lebih banyak dari yang kuduga.

Aku ketagihan menggunakan LINE, meski masih ada hal yang membuatku tertarik di sana. Selang waktu berlalu, seseorang bernama Bastian berkomentar di timelineku, dia mengajak dan mengundangku untuk bergabung ke dalam sebuah grup bernama Hackvirus. Seketika Aku langsung memasuki grup tersebut, dan aku bertegur sapa dengan masyarakat yang ada didalamnya. Awal-awal Aku agak canggung karena baru perdana dan masih bingung mau ngomongin apa. Aku coba ikutin alur mereka, dan kenal mereka satu persatu. Jarang ada percakapan serius di Hackvirus, semua percakapannya konyol. Ada lagi yang namanya virus kacang. Virus inilah yang sangat terkenal disini. Semua orang membicarakan virus kacang, virus berwarna hitam yang berbentuk seperti kelabang panjang hingga menutupi chat orang yang sempat mampir, sedangkan kata kacang entah darimana asalnya sampai disebut virus kacang. Mungkin karena rakyat sekitar suka makan kacang. Ada kacang rebus kacang polong. Bahkan sampai ada yang berjualan kacang disana, Aku sampai lupa namanya, dimana Babas, Matt, dkk adalah pelanggannya. Hahaha.

Seiring pergantian masa, entah kenapa nama Hackvirus berubah menjadi Hackdroid. Membernya tetap sama, begitu pula dengan virus kacangnya, tak pernah ketinggalan. Masa kejayaan Hackdroid akhirnya dikalahkan oleh sebuah kolaborasi grup baru. Dimana ada seorang member bernama Ricky Efendy, singkatnya Ric, Ric bekerja sama dengan Babas, ketua grup Hackdroid, untuk mengkolaborasikan grup mereka berdua hingga terbentuklah grup baru bernama Garuda DiDadaku, tepat dibulan Maret 2013. Masyarakat Hackdroid di rekruit ke Garuda dan sebagian dari undangan teman-teman yang lain. Alhasil Garuda mulai ramai dengan notifikasi melimpah 999+ setiap harinya. Kejayaan Garuda saat ini menyebabkan Hackdroid angkat tangan dan lengser. Melihat Garuda semakin jaya dengan keramaian grupnya sehingga menjadi grup terheboh, ketua Garuda bersama Babas berinisiatif membentuk keamanan kepengurusan Garuda. Direkruitlah para admin dan nama member baru “GarsGuards” (disingkat GG) yang berarti penjaga dan pelindung Garuda. Ricky Efendy sebagai ketua GG, Dio Giovani Bastian sebagai wakil ketua, dan para admin yaitu Doni Irvan (Ivan), Kebi Andi (Kekeb), Aam Komalasari (Aam), Ralintang Melani Veyuan (Lintang), Adeliana Rosdiana Dewi (Adel), Dessy Natalia Indah (dedes), Feenie (Fee), Fisshiu (iuu). Aku dipanggil dedes disini. Sebenarnya Aku geli dipanggil itu, tapi apalah daya sebutan itu udah melekat didiriku sejak aku menjadi salah satu admin di Garuda. Kejayaan GG semakin menjadi-jadi. Kami semua akrab, sangat akrab.

Keluarga baru telah dimulai. Banyak dari member GG yang PDKT bahkan pacaran. Menurutku itu semua konyol, karena masa iya bisa suka dengan orang yang tidak nyata dan tidak tau bagaimanaslinya dia. Aku mengabaikan kelakuan mereka dibalik grup, yang Aku tau Aku saat ini sedang mencari teman sebanyak-banyaknya dan berusaha akrab dengan mereka. Percakapan berlanjut hingga suatu hari seorang bocah menyusup kedalam grup dan merusak semuanya. Dia mengeluarkan semua member dari grup (istilah kerennya Kick Grup). Disini Aku merasa dongkol karena percakapan terhenti tiba-tiba. Tak lama grup dibangun lagi, dan untung saja grup masih sama seperti awal, ramai. Grup sudah ramai layaknya pasar, tak tau menau berapa umur orang yang disapanya. Nick GG juga dipasang disetiap member maupun admin yang berada dalam grup. Sementara itu untuk memperketat keamanan, para admin mencari tau siapa dalang yang berani merusak rumah tercinta kami (Hahaha grup ini sudah kami anggap rumah karena sudah nyaman dengan orang-orang didalamnya). Ternyata eh ternyata semua ini ulahnya Lendratno Putra, sebut saja namanya Lendrat. Lendrat adalah sosok yang samar wajahnya, seorang keturunan Padang dan tinggal di Sumbar yang sebaya denganku. Dikatakan samar karena semua Foto Profilnya tidak pernah jelas kelihatan wajahnya. Balik lagi. Lendratlah yang ngekick grup GG. Disini para admin mulai berhati-hati karena takut kecolongan lagi dengan orang-orang seperti Lendrat.

Tanpa diketahui oleh admin lain, aku mencoba menyusup kedalam grup yang Lendrat pimpin. Aku menghapus Nick GG ku demi menghilangkan jejak mencari informasi tentang apa yang Lendrat inginkan dari GG. Akhirnya Aku berhasil masuk kedalam grupnya. Nama grupnya Meme Comic. Sempat bingun dengan nama grupnya, kenapa Meme? Setauku meme itu gambar yang berisi kata-kata yang emmbuat orang yang melihat dan membacanya tertawa terbahak-bahak. Tapi apa maksud dan tujuan LP merusak GC orang. Aku simak ternyata orang-orang dalam grupnya tidak asyik seperti di GG. Aku coba gali lagi, hingga suatu hari LP membuka rekruit orang-orang yang mau jadi admin Meme. Aku coba daftar dengan melengkapi semua syarat yang diberikan, dan berhasil menjadi admin. LP membuat grup khusus admin, dengan member 5 orang, dan hanya Aku sendiri perempuan. Di antara para admin, yang Aku kenal hanyalah Matt, karena pernah ketemu di Hackdroid. Kami rapat hampir sering, membicarakan perihal keamanan grup dan event-event yang akan dilaksanakan. Sampai disini tak ada yang aneh dari LP. Aku melanjutkan kepengurusan di dua grup, yaitu Meme dan GG. Karena kurang puas dengan kelakuan LP yang belum membuka rahasianya, Aku berinisiatif memancingnya dengan mengirim Pesan Pribadi ke kontaknya. Kumulai basa basiku dengannya, hingga Aku mulai bosan dengan sifat angkuh dan cueknya. Kubiarkan, karena wajar jika laki-laki cuek pada perempuan. Sementara itu aku dan Matt juga saling berkirim pesan pribadi. Aku mulai dekat dengan Matt. Matt adalah seorang siswa di Pesantrennya. Dulunya dia adalah anggota geng motor didaerahnya. Iseng aku tanya tentang LP kepada Matt, ternyata Matt menyimpan dendam kepada LP. Matt tidak menyukai LP sejak berada di GC Meme. Kutanya kenapa, dijawabnya karena LP masih bocah, dan tidak konsisten. Setelah dipikir-pikir benar juga yang dikatakan Matt. Tapi Aku belom berani mengatakan yang sebenarnya kepada Matt mengenai GG karena Matt bukan lagi anggota GG. Matt mengakhiri kedudukannya sebagai admin di GC Meme, serta menghilang tanpa kabar. Disinilah LP mengeluarkan uneg-unegnya ke para admin Meme. LP iri dan enggan masuk ke GG karena GG selalu ramai, jadi dia bersiasat merusak kenyamanan GG dengan Kick massal yang dibuat olehnya. Sejak saat itulah kuputuskan untuk berhenti ngobrol dengannya, tapi masih berada di GC yang dipimpinnya.

Aku bercerita semuanya ke Babas, waka di GG, awalnya dia marah karena Aku menyelinap ke GC LP, tapi setelah Aku bersikeras merayunya, akhirnya kami membentuk tim di GG, dimana Akulah sebagai mata-matanya. Aku berkirim informasi berharga mengenai grup ke Babas dan Kebi yang saat itu masih konek dengan grup. Keseringan ngobrol dengan Babas mengakibatkan Aku termakan oleh omonganku dulu. Aku ternyata menyukai seorang Babas. Hahaha. Terdengar lucu gitu kenapa bisa suka hanya ngobrol via handphone. Babas itu sosok yang beda dari yang lain. Tak taulah apa itu karena Aku udah menyimpan rasa padanya hingga bisa berargumen seperti itu. Bahkan Aku tapeduli kalau dia itu seorang playboy, yang Aku tau Aku suka padanya. Kalau bertemu di grup Aku suka bingung mau ngetik apa saking gugupnya. Dia perhatian dan suka membuat orang tertawa dengan pesan singkatnya. Pernah ketika Aku sedang mengalami mood yang jelek, dia menghiburku dengan sebuah lagu. Lagu doraemon yang dinyanyikannya sendiri dengan efek suara yang lucu. Aku yang saat itu tengah buruk langsung bersemangat karena mendengarkannya. Hubungan kami baik sampai disini. Aku keasyikan dengan seseorang dan membuat lupa oleh masalah grup. Grup mulai genting namun para member tidak mengetahuinya. Para member sangat benar-benar disaring untuk bisa masuk ke GC GG sebenarnya. Saat genting seperti ini Aku mulai dekat dengan para admin, yang dulunya agak kurang dekat. Kami bekerja tanpa campur tangan Ric, si pemimpin grup. Kami tak tau dimana dan bagaimana keberadaannya, hanya Babas yang tau. Aku undang salah seorang dari admin GG masuk ke Meme. Dan itu diketahui oleh LP. LP mengintrogasiku dan mengeluarkanku dari GC Meme. Itu tidaklah menjadi masalah bagiku, karena masih ada GG yang bisa Aku singgahi.

Tak lama Aku mendengar kabar bahwa Meme sudah tidak ada lagi. Begitupun dengan GG yang lama kelamaan musnah ditelan kesibukan para membernya. Babas yang mengetahui kalau Aku menyukainya pun mengatakan bahwa dia juga menyukaiku sejak kehadiran LP. Setelah percakapan singkat itu Aku dan babas putus komunikasi. Aku yang saat itu tengah berada dibangku SMA sangat sibuk dengan studyku sehingga Aku tak tau lagi kabar kehidupan keduaku itu. Hanya sesekali Aku berkirim pesan pribadi dengan admin. Aku mulai mengabaikan mereka, mereka yang sering kutemui di GG tidak lagi hadir. Hanya Ivan lah yang selalu aktif di Line. Dia membangun kembali Garuda yang sempat rubuh. Satu per satu orang-orang memenuhi ruang obrolan Garuda yang baru. Tak ketinggalan Aku juga ikut masuk. Kami dipertemukan kembali disini. GarsGuards pun berkembang hingga merangkul berbagai sosial media seperti Instagram, Whatsapp, Twitter, Line dan BBM yang saat ini sedang hangat-hangatnya.

Kini pengguna Line beralih ke BBM. Berhubung BBM sudah bisa digunakan oleh pengguna Android. Aku pun juga turut serta merasakannya. Garuda DiDadaku kini hadir di BBM. Aku bertemu dengan orang yang lagi lagi sama. Hanya ada Ivan, Kiki, Iuu, Babas, Ric, Lala, Taufan, Imaa. Baru kurasakan kehidupan baru dengan mengenal lebih dekat sosok Ric, penemu GC GG. Aku memulai percakapanku dengannya dengan niat menghilangkan jejak dari Babas. Hasilnya nihil karena Aku da Babas sudah baikan dan melupakan semuanya. Aku tau saat itu Babas sudah tunangan langsung bersikap biasa saja terhadapnya. Percakapan itu tidak sampai disitu. Aku dan Karic (sapaan sopan dariku untuk Ricky) meneruskan obrolan kami hingga ke tahap yang serius. Disini Aku menemukan cinta keduaku. Cerita kami sangat manis. Namun Aku masih belum menyimpan rasa apa-apa terhadapnya. Sempat terjadi perselisihan disebabkan Karic juga mendekati seorang anggota GG bernama Ikhma Royyanika, singkatnya Imaa. Aku yang saat itu tak mengetahui kabar ini sontak kaget karena tidak ada tanda-tanda kedekatan mereka. Aku dan Imaa yang tau kalau sedang dipermainkan oleh Ric menyembunyikan semuanya dan berniat bersaing secara sehat untuk menetukan siapa yang dipilih oleh Karic. Imaa secara diam-diam cerita ke Babas masalah ini. Babas sebagai sahabat kami bertiga, Aku, Imaa dan Karic langsung turun tangan. Dia kembali menegaskan Karic supaya Karic bisa memilih salah seorang diantara Aku dan Imaa. Alhasil perang dunia ke-3 pun berlangsung. Babas yang berniat baik meluruskan masalah malah jadi bermusuhan dengan Karic. Begitupun Aku dan Imaa. Kami berdua juga tidak akrab seperti semula. Dimana pada awalnya kami masih bisa bercandaan di grup sekarang sudah tidak. Semua jadi berantakan. Tibalah di puncak perkara, Karic berhasil mengambil keputusan. Aku dan Karic berpacaran setelah kejadian itu hingga sekarang.

Terimakasih.....

By :
-Dessy Natalia Indah-
Line ID:
ajpanjaitan

Share this with short URL Get Short URLloading short url

Related posts

THE BEST ARTICLES


EmoticonEmoticon