NEGARA YANG PUNYA HUBUNGAN PALING DEKAT DENGAN INDONESIA


Assalamualaikum wr.wb

di bulan kemerdekaan ini saya akan membahas sedikit tentang negara manakah yang punya hubungan dekat dengan indonesia.
mungkin kita pun pernah bertanya tanya siapa sih negara yang punya hubungan paling dekat dengan negara kita?
mungkin kita akan beranggapan itu jepang,china, russia maupun singapura?
tetapi jawabanya yang benar adalah  malaysia.

kenapa malaysia?  jika kita mendengar nama negara ini kita mungkin akan  berfikir negatif, apalagi kalau ada berita tentang malaysia yang mengklaim batik,lagu daerah,ataupun lain lainya,tapi tenang dulu mari kita simak penjelasan ini dulu dan kenapa saya menyebut malaysia adalah negara yang paling dekat dengan indonesia.

sedikit kita melihat sejarah pada tahun 1960 an tepatnya tahun 1963 federasi malaya atau persekutuan negara semenanjung malaya akan di gabungkan dengan negara jajahan inggris yaitu borneo utara (sabah) dengan sarawak serta singapura menjadi satu negara yang di beri nama malaysia,(walau belakangan singapura berpisah dan membuat negara sendiri) rencana inggris mendirikan malaysia ini di tentang keras oleh presiden soekarno karena bung karno beranggapan bahwa negara malaysia tak lain dan tak bukan adalah sebuah negara boneka inggris yang kelak akan membahayakan kemerdekaan indonesia,karena pada saat itu memang rakyat asia khususnya indonesia sangat anti dengan penjajahan eropa, singkat cerita tentangan bung karno itu di balas dengan demo besar besaran anti soekarno di malaysia dan puncaknya ketika tunku abdurrahman perdana menteri pertama malaysia di paksa menginjak lambang pancasila, walau ada sebagian sejarah mengatakan pada waktu itu tunku abdurahman menolak untuk menginjak lambang itu namun beliau di angkat para pengunjuk rasa  kemudian di injakan ke pada lambang  pancasila, inilah yang membuat presiden soekarno murka lalu mengumandangkan dwikora atau konfrontasi  terhadap malaysia dengan istilah ganyang malaysia.namun konfrontasi ini hanya terjadi beberapa tahun karena pada tahun 1965 terjadi pemberontakan atau gerakan 30 yang diduga dilakukan oleh PKI dan kekuasaan soekarnopun jatuh kemudian soekarnopun di ganti oleh soeharto, dengan soeharto inilah hubungan babak baru antara indonesia dan malaysia di mulai, dan di dirikanlah sebuah perkumpulan negara asia tenggara atau ASEAN bersama filipina,myanmar dan thailand dan sekarang sudah berjumplah 10 negara.

terlepas dari sejarah itu ada banyak alasan mengapa malaysia adalah negara yang punya hubungan paling dekat dengan indonesia.

pertama - karena kita masih satu ras , atau bisa di bilang serumpun.

kedua- karena faktor hubungan darah,hampir sebagian orang orang malaysia masih memiliki hubungan darah dengan indonesia karena nenek moyangnya dahulu kebanyakan berasal dari indonesia, baik itu suku minang, suku bugis, acheh,banjar suku jawa , medan dan suku lainya. bahkan perdana menteri ke 2 malaysia tun razak berasal dari keturunan raja goa sulawesi.

jadi jika anda ke malaysia pasti anda akan menemukan banyak persamaan budaya baik itu berupa makanan maupun adat budaya lainya.

Ketiga- karena faktor bahasa.
oke,bahasa indonesia dan bahasa malaysia memiliki banyak persamaan namun menurut orang malaysia bahasa indonesia lebih baku dari pada bahasa malaysia,tetapi bahasa indonesiapun di ambil dari suku riau.yang masih beretnis melayu.karena banyak persamaan bahasa inilah yang apabila kedua dua rakyat ini jika berkunjung kenegara satu sama lainya tidak akan kesulitan untuk berkomunikasi dengan masyarakatnya.

Kempat- adalah hubungan dalam kerja sama ekonomi dan ketenagakerjaan.
karena sampai saat ini malaysia adalah negara terbesar menjadi tujuaan buruh migran indonesia.

Kelima-mungkin adalah karena sama sama mayoritas penduduknya beragama muslim, dan ini pun tidak bisa jadi acuan 100%, karena banyak negara yang saling beragama islam berperang di timur tengah. tergantung pemimpin dan rakyatnya.

Keenam- karena dahulu kala pada zaman sriwijaya dan majapahit malaysia dan indonesia adalah satu nusantara,sehingga ikatan sejarah itu masih ada hingga sekarang.

seperti halnya tetangga atau kerabat dekat dalam sebuah hubungan pasti ada perbedaan pendapat.tetapi jangan jadikan perbedaan itu jadi perselisihan aplagi peperangan.
karena di dalam peperangan itu tidak pernah ada kemenagan yang ada adalah penderitaan bagi kedua dua rakyatnya.

tetapi jika peperangan menjadi opsi terakhir bagi rakyat indonesia, 
mungkin itu karena menyangkut kedaulatan karena kedaulatan negara adalah harga mati bagi suatu bangsa.

terima kasih .
Wassalamualaikum wr.wb
Share this with short URL Get Short URLloading short url

Related posts

THE BEST ARTICLES


EmoticonEmoticon